Konsep IKIGAI.

Masyarakat Jepang mengenal sebuah konsep yang disebut ikigai. Konsep ini sudah mengakar di kebudayaan masyarakat Jepang, meskipun tidak ada yang tahu kapan dan siapa yang memunculkan istilah tersebut.
Ikigai yang berasal dari Bahasa Jepang, yaitu Iki yang berarti KEHIDUPAN dan gai yang berarti NILAI, sehingga IKIGAI merupakan tujuan dan nilai hidup untuk siap menghadapi hari. Dari aspek aksiologis, kehidupan orang Jepang adalah ‘Ikigai’, yaitu mencapai suatu kehidupan yang bermakna, yang membuat orang melangkah maju menuju masa depan. Dalam konsep Ikigai terdapat 4 elemen yang membentuknya dan ketika keempat elemen tersebut digabungkan, maka akan terbentuk Ikigai atau tujuan hidup. Ikigai merupakan gabungan dari 4 elemen kunci, yaitu gairah (passion), misi (mission), profesi (profession) dan pekerjaan (vocation).
Passion atau gairah, adalah gabungan dari apa yang kita cintai dengan kemampuan kita. Mission atau misi, adalah gabungan dari apa yang kita cintai dengan kebutuhan dunia. Profession atau pekerjaan, merupakan kemampuan kita yang mendapatkan timbal balik. Sedangkan vocation atau pekerjaan menggabungkan kebutuhan dunia dengan timbal balik yang bisa didapatkan dengan melakukannya.Timbal balik yang didapat bisa berupa uang, pengalaman atau pun jabatan.
Setelah mengenai Ikigai dan 4 elemennya, maka kita akan mendapatkan manfaatnya apabila kita dapat menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan personal, sosial, maupun dalam pekerjaan diantaranya, yaitu:

1.Meningkatkan motivasi kerja.

Konsep ini akan membuang rasa malas dan menggantikannya dengan semangat menjalani hari-hari sehingga akan membuat kita lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan karena pola pikir kita cenderung jernih dan disertai suasana hati yang sangat baik.

2. Mengenal Diri Sendiri.

Mengenali diri sendiri adalah penting, Ikigai mengarahkan kita untuk mengetahui apa yang kita sukai dan tidak kita sukai, serta menggali rahasia dalam diri kita yang belum kita sadari.

3. Lebih Cepat

Menyelesaikan Pekerjaan apabila kita memiliki semangat dalam mengerjakan sesuatu, maka pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

4. Bermanfaat bagi orang lain.

Kebahagiaan yang Anda dapat dari penerapan Ikigai akan menular kepada orang lain. Ini karena, Anda cenderung membagikan hal-hal positif saja. Anda juga akan tergerak untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang sekitar dengan alasan berbagi kebaikan.